Pengajaran yang berpusat pada pembelajar merupakan subjek penting yang diajarkan pada semua tingkat akademis. learned centre itu sendiri merupakan prinsip dimana guru membantu murid untuk secara lebih aktif mengkonstruksi pemahaman mereka, menentukan tujuan dan rencana , berpikir mendalam dan kreatif , memantau pembelajaran mereka, memecahkan problem dunia nyata dan sebagainya. namun learned-centre itu sendiri sebetulnya mendatangkan keuntungan atau ngak sih?
berdasarkan referensi yang saya dapat, bahwasannya pendekatan ini terlalu banyak memerhatikan proses pembelajaran tetapi tidak memperhatikan kandungan akademisnya, padahal yang kita tahu akademis meupakan salah satu hal yang penting dalam proses pembelajaran. beberapa pengkritik mengatakan bahwa instruksi learned-centre dapat bekerja efektif di beberapa bidang tertentu. misalnya: dalam area bidang sosial dan kemanusiaan. oleh karena itu, kebanyakan guru selain mempergunakan learned-centre dalam pengajaran, mereka juga memasukkan unsur teacher-centered utk melengkapi proses pembelajaran tersebut karena menurut mereka kedua proses itu dapat menciptakan pengalaman belajar yang positif bagi murid mereka.
sumber referensi: santrock, J.W.(2008).psikologi pendidikan(edisi kedua)
No comments:
Post a Comment