Setiap guru mempunyai strategi pembelajaran masing-masing. Strategi pembelajaran merupakan suatu kegiatan yang dilakukan untuk siswa agar tujuan pembelajaran dapat dicapai secara efektif dan efisien. Beberapa strategi pembelajaran yang ada ;
1. Strategi Pembelajaran Ekspositori
Strategi ini menfokuskan pada proses penyampaian materi secara verbal dari seorang guru kepada sekelompok siswa dengan maksud agar dapat menguasai materi pembelajaran secara optimal.
2. Strategi Pembelajaran Inquiry
Rangkaian kegiatan pembelajaran yang menfokuskan pada proses berpikir secara kritis dan analitik yang mencari dan menemukan jawaban dari masalah yang dipertanyakan.
3. Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah
Menfokuskan pada proses penyelesaian masalah yang dihadapi secara ilmiah. Strategi ini tidak hanya mengharapkan siswa hanya sekedar mendengarkan, mencatat, dan menghafal materi pembelajaran tetapi siswa diajak untuk berpikir kritis dan komunikasi.
Kelemahannya adalah tanpa adanya pemahaman tentang hal yang mereka ingin pecahkan , mereka tidak akan mempelajarinya.
4. Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir
Dalam strategi pembelajaran ini, siswa dibimbing untuk menemukan sendiri konsep melalui dialogis yang terus menerus dengan memanfaatkan pengalaman siswa. Model pembelajaran ini bertumpu pada pengembangan kemampuan berpikir siswa.
5. Strategi Pembelajaran Koperatif
Merupakan rangkaian kegiatan belajar yang dilakukan oleh siswa dalam kelompok-kelompok tertentu. Ada 4 unsur yang penting dalam strategi pembelajaran ini yaitu peserta dalam kelompok, aturan dalam kelompok, upaya belajar dalam kelompok, tujuan yang dicapai dalam kelompok
6. Strategi Pembelajaran Konstekstual
Adalah strategi pembelajaran yang menekankan pada proses keterlibatan siswa secara penuh untuk dapat menemukan materi yang dipelajari dengan kehidupan yang nyata
7. Strategi Pembelajaran Afektif
Afektif berhubungan dengan kesadaran yang tumbuh dalam diri siswa
Strategi diberikan kepada para anak didik kemudian para pendidik melakukan observasi tentang strategi pembelajaran yang diberikan. Tujuan observasi yang dilakukan adalah untuk melihat apakah strategi yang dilakukan atau diberikan kepada anak didik dapat berfungsi efektif dalam pengembangan pembelajaran siswa.
Sumber Referensi ;
http://www.anneahira.com/strategi-pembelajaran-18416.htmhttp://infopendidikan189.blogspot.com/2010/06/perencanaan-pengajaran-fungsi-peranan.html
No comments:
Post a Comment