Belajar (learning) adalah proses multisegi yang biasanya dianggap sesuatu
yang biasa saja oleh individu sampai mereka mengalami kesulitan saat menghadapi
tugas yang kompleks. Aktivitas kognitif terkait dengan tiga aspek unik dari
kecerdasan manusia. Pertama, manusia
mampu mempelajari penemuan, penciptaan, dan ide-ide dari pemikir besar dan
ilmuwan besar di masa lampau (disebut sebagai pengalaman yang diwariskan;
Vygotsky, 1924/1979). Kedua, individu mampu mengembangkan pengetahuan
tentang tempat dan kejadian yang belum mereka alami secara personal melalui
pengalaman orang lain . Ketiga, manusia menyesuaikan lingkungan dengan
diri mereka,bukan sekedar beradaptasi dengan lingkungan. contoh, upaya membuat
bangunan.
Studi
belajar bukanlah sekedar latihan akademik namun aspek penting bagi individu
maupun masyarakat. Pertama, bagi
individu, studi tentang belajar dapat menjelaskan tentang pemerolehan berbagai
kemampuan & ketrampilan tentang strategi untuk menjalankan peran di dunia
serta tentang sikap dan nilai yang memandu tindakan seseorang. Kedua, belajar adalah penting bagi masyarakat
dimana salah satu tujuannya adalah mempelajari tentang nilai, bahasa, dan
perkembangan kultur-pengalaman yang diwariskan.
Belajar juga merupakan
basis untuk kemajuan masyarakat di masa depan, perkembangan diciptakan oleh
individu yang didasari oleh kemampuan belajar mereka dan kapasitas mereka untuk
menciptakan penemuan baru yang dilanjutkan dari generasi ke generasi.
No comments:
Post a Comment