Monday, March 26, 2012

Pedagogi Teoritis dan Prinsip-prinsip Pedagogis.


Pedagogi bermakna ilmu pendidikan atau ilmu pengajaran. Kata sifat untuk istilah pedagogi adalah Pedagogis. Pedagogis bersifat mendidik atau pedagogi. Banyak konsep dan definisi dari pedagogis;
1.       Danilov telah mendifinisikan istilah pedagogis sebagai proses interaksi terus menerus dan saling berasimilasi antara pengetahuan ilmiah dan pengembangan siswa.
2.      Alberto Garcia mengkonseptualisasikan pedagogis sebagai tindakan guru dan siswa dalam konteks organisasi sekolah, dimana interaksi itu dilakukan berdasarkan teori pedagogis tertentu, berorientasi pada tujuan institusional dan dikembangkan dalam interaksi yang dekat dengan keluarga dan masyarakat.
3.      Ana Maria Gonzalez mendefinisikan proses pedagogis sebagai sebuah proses pendidikan yang menyoroti hubungan antara pendidikan, pengajaran, pembelajaran yang bertujuan untuk mengembangkan kepribadian siswa. Namun Ana Maria hanya memperhitungkan hubungan antara semua proses dan pendidikan sebagai target pencapaian sekolah padahal proses pedagogis tidak melampui institusi pendidikan
4.      Gladys Valdia mendefinisikan proses pedagogis erat kaitannya dengan tujuan sosial yang dikembangkan dan berhubungan satu sama lain
Beberapa prinsip yang dipertimbangkan untuk memandu proses pedagogis tersebut (Fatima Addine) ;
a.       Mengkombinasikan karakter kolektif  dan individual pendidikan, kepribadian siswa. Adanya pembedaan setiap karakter yang unik membuat kita harus saling menghormati hak satu dengan yang lainnya
b.      Merujuk kepada kesatuan pengajaran, pendidikan dan pengembangan proses karena pendidikan dan pengajaran tidak dapat dipertukarkan melainkan saling melengkapi
c.       Domain kognitif dan afektif tidak berada pada suasana yang kering. Proses pedagogis harus terstruktur berdasarkan kesatuan dan hubungan antara kondisi manusia.
d.      Subsistem aktivitas, komunikasi, dan kepribadian saling terkait satu sama lain.
Sejarah perkembangan dari pedagogi mungkin berbeda-beda namun esensinya itu sama.                    Menurut N. Chacon upaya mengembangkan etika profesi guru juga diperlukan untuk pengembangan kemampuan dan ketrampilan kepedagogian berupa penguasaan substansi pengajaran dan pembelajaran, penguasaan ddimensi pedagogis ( nilai humanistik & etika profesi), penguasaan program pendidikan berbasis proses dan hasil, penguasaan metode proses pengembangan kegiatan belajar-mengajar berdasarkan prspektif lintas-kurikuler dengan perangkat teknologi.
Sumber Referensi :
Danim, Sudarwan. (2010). Pedagogi, Andragogi dan Heutagogi., Bandung: Alfabeta.

No comments:

Post a Comment